Politeknik Pariwisata Lombok adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi di bidang kepariwisataan di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pariwisata.

Upaya Meningkatkan Kualitas SDM Pariwisata di Kabupaten Pamekasan, Poltekpar Lombok Gelar Bimbingan Teknis Kepariwisataan Bagi Masyarakat dan Pelaku Industri Pariwisata

Menyambung rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Pulau Madura. Selasa, 24 Oktober 2023 Poltekpar Lombok menggelar Bimtek Kepariwisataan: Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bagi Masyarakat di wilayah Kabupaten Pamekasan.

Hadir secara langsung Bapak Kusairi, S.E., M.M. selaku kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pemekasan menyampaikan bahwa “Kabupaten Pamekasan ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi pariwisata halal karena Pulau Madura sendiri dijuluki sebagai Kota Serambi Madinah sehingga Kabupaten Pamekasan juga dapat belajar banyak dari Poltekpar Lombok yang memiliki Center of Excellence Pariwisata Halal.”

Pada kesempatan ini pula, Ibu Annisa Zhafarina Qashri selaku narasumber pertama menekankan posisi UMKM dalam bisnis pariwisata sangatlah penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Pulau Madura. Selain itu, beliau juga memaparkan beberapa hasil kajian dari pengalaman berbisnis yang ia geluti dan menurutnya cocok diterapkan oleh para pelaku UMKM di Pulau Madura, antara lain dengan melibatkan komunitas lokal, konsisten dalam produksi, konsisten dalam promosi, dan up-to-date.

Narasumber selajutnya yakni Bapak M. Saiful Fahmi, S.M., M.M. menyampaikan pentingnya SDM yang memiliki mindset kepariwisataan sehingga dapat mendorong terwujudnya lingkungan masyarakat dan industri pariwisata yang ideal dan berkelanjutan serta memiliki hospitaliti yang kuat.

Pada akhir acara, Bapak Satria Rusdi Wijaya, S.Pd., M.Pd. selaku moderator menyimpulkan bahwa pariwisata adalah sektor yang tidak dapat berdiri sendiri sehingga dibutuhkan penopang dari seluruh elemen dan lapisan masyarakat terutama yang bersinggungan langsung dengan pariwisata itu sendiri untuk membangun pariwisata yang berkelanjutan di Kabupaten Pamekasan ini.
. . .
Stay safe & healthy.
Poltekpar Lombok, Yes we can.
Wonderful Indonesia 🇮🇩