FAMOUS 2023 (Familiarization Trip of Sustainable)

Politeknik Pariwisata Lombok melalui Program Studi Diploma 4 Usaha Perjalanan Wisata semster 7 B, melaksanakan kegiatan Family Trip (Famtrip) di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batu Kliang Utara Kabupaten Lombok Tengah pada tanggal 23-25 Oktober 2023.
Kegiatan ini diberi nama dengan akronim FAMOUS (Familiarization Trip of Sustainable) dan “Famous” memiliki arti “Terkenal” kemudian “Sustainable” berarti “berkelanjutan” (dalam Bahasa Inggris). Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkenalkan potensi pariwisata yang berkelanjutan dan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pulau Lombok khususnya di Desa Wisata Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Tagline kegiatan ini adalah “Living Life on Enchanting Gumi Sasak” Yang bermakna hubungan kuat masyarakat dengan alamnya, mempertahankan dan melestarikan kebudayaan serta memperkenalkan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengabdian mahasiswa/i, melalui mata kuliah APM (Aplikasi Management Bisnis Perjalanan) yang dimana Direktur Poltekpar Lombok Dr. Ali Muhtasom, A.Md.,M.M sebagai pembina, kemudian ketua program studi Usaha Perjalanan Wisata H. Lalu Ratmaja S.Pd., Sos., M.Pd. sebagai penanggung jawab, dan dengan dosen pengampu mata kuliah APM ibu I.A.Y.S Dewi Utami Pidada, M.I.Kom,CHE, dengan team teaching bapak Kertajadi, SST.Par., M.Par., MHLTr. Sebagai dosen dari industri serta Lalu Wisnu Dio W., S.Tr.Par sebagai instruktur.
Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Politeknik Pariwisata Lombok terhadap masyarakat di Desa Wisata Karang Sidemen diantaranya mengadakan acara talkshow dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten dibidangnya. Dengan tiga topik yang diangkat yaitu: Promosi paket wisata digital, pemasaran UMKM, serta pengelolaan homestay dan make up room. Adapun peserta yang nengikuti talkshow ini sebanyak 15 orang dan diantaranya 5 orang dari Pokdarwis Desa Wisata Karang Sidemen, 5 orang dari UMKM Desa Wisata Karang Sidemen dan 5 orang dari pengelola homestay Desa Wisata Karang Sidemen. Selanjutnya penanaman bibit pohon disekitar area Pemandian Nyeredet sebanyak 50 bibit pohon yang di tanam di area sekitar Pemandian Nyeredet sebagai bentuk kepedulian terhadap hutan indung dan bertujuan untuk menjaga kelestarian alam di Desa Wisata Karang Sidemen. Dilanjutkan membantu pembuatan packaging kopi Dan pemberian tempat sampah ke Desa Wisata Karang Sidemen untuk menjaga kebersihan di Desa Wisata Karang Sidemen dan mengurang pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik dan juga untuk mendorong kesadaran masyarakat tentang menjaga lingkungan.