Politeknik Pariwisata Lombok adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi di bidang kepariwisataan di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pariwisata.

Profil LSP P1 Politeknik Pariwisata Lombok

Lembaga Sertifikasi Profesi merupakan lembaga pendukung BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi. Adapun pedoman sebagai dasar hukum pembentukan LSP P1 POLITEKNIK PARIWISATA LOMBOK ini didasarkan pada Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor 1/BNSP/III/2014 tentang Pedoman Penilaian Kesesuaian Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Profesi dan Nomor 2/BNSP/III/2014 tentang Pedoman Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi. LSP P1 Politeknik Pariwisata Lombok berdiri untuk mendukung program Politeknik Pariwisata dalam menciptakan sumber daya manusia yang handal di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pariwisata dan Perhotelan, Pertanian, dan Perikanan. LSP Politeknik Pariwisata Lombok dirintis dan Pendiriannya dituangkan dalam Surat Keputusan Direktur Politeknik Pariwisata Lombok Nomor:
SK.6.1/KP.006/PPL/I/2022 tanggal 3 Januari 2022 tentang pembentukan LSP Politeknik Pariwisata Lombok Tahun 2022.
Beranjak dari pasar kerja dalam negeri dan pelanggan yang membutuhkan peningkatan kualitas profesi bidang teknologi informasi dan komunikasi, dan bidang pariwisata yang kompeten menjadi faktor penting atas keberhasilan LSP Politeknik Pariwisata Lombok dalam mendukung program pemerintah,
yakni antara lain:

    1. LSP Politeknik Pariwisata Lombok yang dibentuk dan didirikan merupakan perpanjangan tangan dari BNSP yang bertanggungjawab melaksanakan sertifikasi kompetensi Kantor Depan (Front Office), Tata Graha (Housekeeping), Tata Hidang (Food and Beverage Services), Tata Boga (Food Products), Tour Operation dan Travel Agencies.
    2. Didorong oleh keinginan untuk memberikan jaminan kualitas (quality assurance) dan jaminan keselamatan (safety assurance) pemilik sertifikat kompetensi kerja dari LSP Politeknik Pariwisata Lombok yang independen sesuai dengan pedoman BNSP.

 

VISI & MISI

Visi

Menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi di sektor Pariwisata halal yang berkepribadian Indonesia dan berstandar Global. 

 

Misi

  1. Menyelenggarakan Sertifikasi kompetensi secara profesional yang berkepribadian Indonesia.
  2. Mengembangkan skema sertifikasi yang berstandar global sesuai kebutuhan Industri Pariwisata halal.
  3. Menyiapkan Asesor yang handal dan profesional.
  4. Mampu mengelola Lembaga Sertifikasi Profesi secara profesional.

 

TUJUAN

Tercapainya standarisasi kompetensi lulusan Politeknik Pariwisata Lombok yang unggul dan berdaya saing global.

 

SASARAN MUTU

Terwujudnya LSP Politeknik Pariwisata Lombok yang mampu menghasilkan profesi yang kompeten, yang mengacu pada standar kompetensi kerja serta memiliki daya saing di pasar kerja nasional dan internasional.

 

KEBIJAKAN MUTU

  1. Memberikan jaminan kualitas (quality insurance) dan jaminan keselamatan (safety insurance) pemilik sertifikat kompetensi kerja dari LSP Politeknik Pariwisata Lombok yang independen sesuai pedoman BNSP.
  2. Menjadikan LSP Politeknik Pariwisata Lombok yang berkualitas dengan komitmen dan konsisten terhadap moral, ramah, kesopanan, kejujuran dan profesional.

Panitia Kerja
Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1)

 

Tenaga Profesional

Surayyal Hizmi, M.Sc., NRM.
Direktur LSP
Satria Rusdy Wijaya, M.Pd.
Sekretaris
Ainul Yakin, S.Pd.,M.Pd., CHE.
Manajer Sertifikasi
Mandra, S.Par., M.M.
Manajer TUK
Ayu Gardenia Lantang, M.Si.
Manajer Administrasi

Asesor Kompetensi

 
NO NAMA NO. REGISTRASI BIDANG TUK
1
Lalu Ratmaja
MET.000.6599.2017
Tour Operation
Laboratorium Travel

Galeri Kegiatan LSP

 

Galeri