Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepariwisataan: Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bagi Masyarakat dan Pelaku Industri Pariwisata di Provinsi Maluku (Kota Ambon) pada tanggal 29 November 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Pembantu Direktur I Bidang Akademik dan Kemahasiaswaan Poltekpar Lombok, Ibu Dr. Amirosa Ria Satiadji., SE., MM., CHE., CEE., CIQnR yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku bapak Dr. Achmad Jais Ely, S.T, M.Si. beserta jajarannya
Dalam sambutannya Kepala Disprov Maluku mengharapkan dengan dukungan Poltekpar Lombok dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengelola destinasi dan desa wisata di wilayah Provinsi Maluku. Dalam kesempatan ini pula dilakukan penyerahan sertifikat Pendidikan dan Pelatihan Pariwisata Dasar (PARDAS) Tahun 2023 kepada peserta dari Provinsi Maluku.

Pada rangkaian acara Bimtek Kepariwisataan dihadirkan beberapa narasumber dari Poltekpar Lombok yakni Bapak Dr. Komang Mahawira, S.H., M.Hum yang memaparkan materi mengenai ”Peran Pariwisata Dalam Pembangunan Serta Penerapannya”. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait dengan ”Layanan Hospitality Pariwisata dan Sadar Wisata” oleh Bapak Gugung Gumilar, SST.Par. M.Par yang kemudian dilanjutkan oleh Bapak Rumba, SST.Par., M.Par. yang membawakan materi terkait dengan ”Produk Kreatif dan Kewirausahaan Bidang Pariwisata”. Penyampaian semua materi berlangsung secara interaktif dimana seluruh peserta diajak berdiskusi mengenai materi yang dipaparkan.

Adapun peserta dalam kegiatan ini antara lain dari perwakilan dari Dispar Provinsi Maluku, Pokdarwis, UMKM, pengelola destinasi wisata, serta pelaku industri pariwisata lainnya yang berada di wilayah Provinsi Maluku. Tidak hanya penyampaian materi kegiatan BIMTEK dialnjutkan dengan Observasi Lapangan guna dapat mengidentifikasi masalah-masalah serta menggali potensi sehingga dapat menjadi bahan diskusi dalam memaksimalkan pengelolaan DTW.
Semoga dari gelaran BIMTEK yang sudah berjalan dapat memupuk semangat para pelaku industri pariwisata di Provinsi Maluku agar lebih baik dalam menyajikan pruduk wisatanya serta dalam pengelolaan DTW.
. . .
Stay safe & healthy.
Poltekpar Lombok, Yes we can.
Wonderful Indonesia 🇮🇩