FAMOUS (Familiarization Trip of Sustainable) 2021 & Lombok TABEX (Table Top and Travel Exhibition) 2021

FAMOUS (Familiarization Trip of Sustainable) 2021 merupakan project dari Mahasiswa/i Politeknik Pariwisata Lombok program studi D4 Pengaturan Perjalanan semester 7 kelas B. Kegiatan ini adalah bentuk pengaplikasian mata kuliah Aplikasi Manajemen Bisnis Perjalanan (APMB).

Peserta yang diundang sejumlah 25 dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia yakni Bali, NTT, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Manado, Madura, dan masih banyak lagi. Para peserta terdiri dari 17 Travel Agent, 5 Media Partner, juga 3 Influencer. Dengan Tagline infinite discoveries

Pada tanggal 2 – 4 November 2021 selama 3 hari 2 malam FAMOUS 2021 akan
berfokus pada 2 destinasi wisata di Kabupaten Lombok Barat yang memiliki daya tarik yang berbeda dan potensial untuk dipromosikan

diharapkan FAMOUS 2021 mampu memperkenalkan dan mempromosikan budaya serta destinasi wisata yang dikunjungi selama Kegiatan dan para peserta yang dari Travel Agent diharapkan bisa menjual produk berupa paket wisata yang dihasilkan dari Kegiatan ini.

 

Lombok TABEX (Table Top and Travel Exhibition) 2021 merupakan annual event dari Mahasiswa/i Politeknik Pariwisata Lombok program studi D4 Pengaturan Perjalanan semester 7 kelas A. Kegiatan ini adalah bentuk pengaplikasian mata kuliah Aplikasi Manajemen Bisnis Perjalanan (APMB). Tahun ini merupakan tahun ke 3 (tiga) TABEX dilaksanakan. Kata Tabex dalam acara ini terinspirasi dari Bahasa Sasak, yaitu Tabeq. Ini merupakan kata yang sopan untuk meminta izin dan memiliki arti permisi dalam Bahasa Indonesia.

Tahun 2021 Lombok TABEX hadir dengan tema baru yaitu ”Momentum to Unify the Tourism Potential during COVID-19 Pandemic”. Melalui tema ini kami bertekad untuk menyatukan dan memberdayakan seluruh stakeholder pariwisata di Pulau Lombok dengan cara memberi wadah bagi seluruh stakeholder sesuai pentahelix ABCGM, yaitu Academy, Business, Community, Government, and Media untuk bersatu berkolaborasi bersama pada acara Tabex 2021.

Lombok Tabex 2021 dilaksanakan secara luring (offline) dengan menerapkan protokol kesehatan. Terlaksana selama 3 hari, sejak tanggal 5 November hingga 7 November. Maksud dari penyelenggaraan Lombok Tabex adalah mempertemukan seller (Agen Perjalanan dari Pulau Lombok) dengan buyer (Agen Perjalanan dari luar Pulau Lombok) dalam satu tempat untuk melaksankan transaksi B2B (Business to Business).

Peserta Table Top terdiri dari 46 buyer yang berasal dari Palembang, Batam, Banten, Bandung, Tasikmalaya, Tangerang Selatan, Surabaya, Lampung, Bali, Makassar,Banjarmasin, Ambon, Manado, Maluku, NTT. Dan 25 seller yang terdiri dari 15 Agen Perjalanan, 9 hotel, dan 1 restoran di Lombok. Sedangkan peserta Travel Exhibition terdiri dari 3 desa wisata, 6 tour supplier, 3 usaha mahasiswa, dan 1 pusat informasi Poltekpar Lombok. Travel Exhibition dimeriahkan dengan talk show bersama ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) NTB dan pengumuman reels competition yang merupakan side event Lombok TABEX 2021.