Selayang Pandang

 

Politeknik Pariwisata Lombok yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri vokasi bidang pariwisata di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menawarkan kurikulum yang komprehensif yang mencakup tren dunia industri, strategi usaha, digitalisasi dan kemampuan operasional dan manajerial dasar. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori akademis namun pengalaman dan keterampilan praktis dalam bidang industri pariwisata. Politeknik Pariwisata Lombok didirikan dengan semangat untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia di bidang pariwisata yang kompeten, mampu bersaing, berjiwa wirausaha dan menjadi pemimpin di industri pariwisata yang terus berkembang ini.

Kurikulum

 

Program pendidikan dan pelatihan di Poltekpar Lombok menggunakan kurikulum The ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professionals (ASEAN MRA-TP). Implementasi kurikulum ASEAN MRA-TP di Poltekpar Lombok juga mencakup penggunaan Common ASEAN Tourism Curriculum (CATC), serta penerapan skema Kualifikasi Regional Qualifications Framework and Skills Recognition Systems (RQFSRS) yang telah disetujui dan diverifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dengan demikian, Poltekpar Lombok menjamin bahwa program pendidikan dan pelatihannya sesuai dengan standar ASEAN dan diakui secara luas dalam industri pariwisata nasional maupun internasional.

Program Studi

 

1. D-IV Usaha Perjalanan Wisata
Program Studi Usaha Perjalanan Wisata adalah Program Studi D4 yang hadir sebagai pencetak tenaga handal dan profesional di bidang Usaha Perjalanan Wisata, berdaya saing baik di tingkat Nasional dan Internasional. Menguasai pengetahuan dan keahlian baik hard skill maupun soft skill di bidang Travel Agency (TA) dan Tour Operation (TO). Selain itu, Prodi Usaha Perjalanan Wisata juga mendorong pengembangan pengetahuan dan keterampilan lulusan dalam bidang kewirausahaan serta pengetahuan IT yang berwawasan Pancasila. Profil Lulusan sebagai berikut :
– Travel Agencies dan Tour Operation
– Tour Operator
– Tourism Transportation
– Entrepreneur
– Supervision and Administration Management

2. D-III Tata Hidang
Program Studi Tata Hidang sejatinya berupaya untuk mencetak Sumber Daya Insani Pariwisata yang profesional, kompeten dan berjiwa entertaining dan entrepreneur di bidang F & B Services (khususnya di hotel restoran dan bar) termasuk kapal pesiar, dan industri pariwisata lainnya yang berskala Nasional, Regional maupun Internasional.
Profil Lulusan sebagai berikut:
– Craft Level
– Bartender & Barista
– Supervisor Bar & Restaurant
– Gastronomic Entrepreneur

3. D-III Seni Kuliner
Program Studi Seni Kuliner mempelejari ilmu yang berkaitan dengan seni menyiapkan, memproduksi, dan menyajikan makanan sesuai standar kualitas, estetika, serta kebersihan dan kesehatan makanan. Program kebersihan dan kesehatan makanan. Program Studi Seni Kuliner juga mendorong pengembangan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam aspek manajemen operasional tata boga dan kewirausahaan. Dengan demikian, lulusan Program Studi Seni Kuliner mampu memiliki daya saing tinggi dalam biodang industri kuliner berskala Nasional maupun Internasional. Profil Lulusan sebagai berikut:
– Chef de Parties
– Head Chef
– Food Analysis, Research, Development
– Culinary Enterpreneur

4. D-III Divisi Kamar
Program studi Divisi Kamar merupakan pilihan studi pada Politeknik Pariwisata Lombok yang membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi profesional pada bidang Hospitality dan perhotelan yang mengedepankan kualitas pembelajaran Internasional untuk bersaing ditingkat Global, dengan didukung Dosen dan Instruktur tesertifikasi kompetensi dan berpengalaman Internasional.
Profil Lulusan sebagai berikut:
– Front Office Supervisor
– Housekeeping Supervisor
РLaundry Supervisor