Struktur PPL

STRUKTUR ORGANISASI

POLITEKNIK PARIWISATA LOMBOK



Uraian Struktur Organisasi:

1.   DIREKTUR

  • Direktur PPL memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan membina tenaga dosen, pelaksana akademik, pelaksana administratif, tenaga penunjang akademik dan mahasiswa PPL serta hubungan dengan para pemangku kepentingan.
  • Direktur PPL diangkat dan diberhentikan oleh Menteri, setelah mendapat pertimbangan Senat PPL.
  • Masa jabatan Direktur PPL 4 (empat) tahun dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak lebih dari 2 (dua) kali masa jabatan berturut-turut.
  • Bilamana Direktur PPL berhalangan tidak tetap Wakil Direktur I bertindak sebagai Pelaksana Harian Direktur.
  • Bilamana Wakil Direktur I sebagai Pelaksana Harian Direktur sebagaimana dimaksud pada ayat (4) berhalangan tidak tetap digantikan oleh Wakil Direktur II dan secara berurutan apabila dalam kondisi yang sama digantikan oleh Wakil Direktur III dan Wakil Direktur IV.
  • Bilamana Direktur PPL berhalangan tetap, Menteri mengangkat Pejabat Direktur, yang bertugas melaksanakan kegiatan Direktur, sampai dengan diangkatnya Direktur tetap yang baru.

2.   WAKIL DIREKTUR

  • Wakil Direktur bertanggung jawab langsung kepada Direktur PPL.
  • Wakil Direktur I membantu Direktur PPL dalam memimpin pelaksanaan kegiatan akademik dalam hal pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 
  • Wakil Direktur II membantu Direktur PPL dalam memimpin pelaksanaan kegiatan administrasi umum dalam hal keuangan, kepegawaian, tata usaha dan rumah tangga. 
  • Wakil Direktur III membantu Direktur PPL dalam memimpin pelaksanaan kegiatan Kemahasiswaan dalam hal pembinaan dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa.
  • Wakil Direktur IV membantu Direktur PPL  dalam memimpin pelaksanaan kegiatan Kemitraan dan Penjaminan Kualitas dalam hal kerjasama antar lembaga, kehumasan, akreditasi dan sertifikasi.
  • Wakil Direktur I, II, III, dan IV diangkat dan diberhentikan oleh Direktur PPL, setelah mendapat pertimbangan Senat PPL
  • Masa jabatan Wakil Direktur 4 (empat) tahun dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak lebih dari 2 (Dua) kali masa jabatan berturut-turut.

3.   SENAT

  • Merumuskan statuta, kebijakan akademik, dan pengembangan PPL; 
  • Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan pengembangan kecakapan serta kepribadian sivitas akademika; 
  • Merumuskan norma dan tolok ukur penyelenggaraan PPL; 
  • Memberikan pertimbangan dan persetujuan atas rencana anggaran pendapatan dan belanja PPL yang diajukan oleh Direktur PPL; 
  • Menilai pertanggungjawaban Direktur PPL atas pelaksanaan yang telah ditetapkan;
  • Merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik dan otonomi keilmuan di PPL;
  • Memberikan pertimbangan kepada Direktur PPL berkenaan dengan calon-calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Direktur PPL dan dosen yang dicalonkan memangku jabatan akademik di atas lektor; dan 
  • Menegakkan norma-norma yang berlaku bagi sivitas akademika.

4.   KETUA PROGRAM STUDI

  • Program Studi merupakan unsur pelaksana akademik pada Jurusan yang melaksanakan pendidikan akademik dan vokasi dalam sebagian atau satu cabang ilmu pariwisata. 
  • Program Studi dipimpin oleh Ketua Program Studi yang bertanggungjawab kepada Direktur Jurusan.
  • Dalam melaksanakan tugas sehari-hari, Ketua Program Studi dibantu oleh seorang Sekretaris Program Studi.
  • Direktur dan Sekretaris Program Studi dipilih di antara dosen dan diangkat serta diberhentikan oleh Direktur PPL 
  • Masa jabatan Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi adalah 4 (empat) tahun dengan kemungkinan dapat dipilih dan diangkat kembali dengan ketentuan tidak lebih dari 2 (dua) kali masa jabatan berturut-turut.
  • Pengembangan Program Studi ditetapkan oleh Menteri Pariwisata atas usulan Direktur PPL setelah mendapat pertimbangan Senat PPL berdasarkan keperluan pembangunan nasional serta sesuai dengan peraturan perundangan.

5.   KEPALA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

  • Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan unsur Pelaksana akademik yang bertanggung jawab kepada Direktur PPL.
  • Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bertugas mengkoordinasikan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh unit-unit pelaksana akademik di lingkungan PPL, serta mengusahakan dan mengendalikan sumber daya yang diperlukan.
  • Struktur Organisasi Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat terdiri atas : a. Kepala; b. Sekretaris; c. Tenaga ahli; dan d. Tenaga administrasi.
  • Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bertanggung jawab kepada Direktur PPL.
  • Kepala dan Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat diangkat dan diberhentikan oleh Direktur PPL atas pertimbangan Senat untuk masa jabatan 4 (empat) tahun dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak lebih dari 2 (dua) kali masa jabatan berturut-turut.

6.   KELOMPOK DOSEN

  • Kelompok dosen di lingkungan PPL berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur PPL dan sehari-hari pembinaannya dilakukan oleh Wakil Direktur I.
  • Kelompok dosen mempunyai tugas melakukan pendidikan, pelatihan, penelitian, pengembangan keilmuan, dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan keahlian/ilmunya serta memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam rangka memenuhi kebutuhan dan minat mahasiswa dalam proses pendidikan.
  • Persyaratan pengangkatan dan pemberhentian, jenjang jabatan akademik dosen di PPL ditetapkan sesuai peraturan perundang-undangan.

7.   KEPALA BAGIAN ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN

  • Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan merupakan unsur pembantu pimpinan di bidang administrasi akademik dan kemahasiswaan berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur PPL.
  • Pembinaan sehari-hari Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan dilakukan oleh Wakil Direktur I sepanjang yang menyangkut bidang akademik, Wakil Direktur III yang menyangkut bidang kemahasiswaan dan Wakil Direktur IV yang menyangkut bidang Kemitraan dan Penjaminan Kualitas.
  • Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan mempunyai tugas melaksanakan pelayanan teknis dan administrasi akademik serta kemahasiswaan.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan mempunyai fungsi:
    • Pengelola administrasi pendidikan;
    • Pengelola administrasi tenaga kependidikan dan kemahasiswaan;
    • Perencana program akademik dan sistem informasi;
    • Pelaksana pembinaan mahasiswa dan alumni; dan
    • Pelaksana hubungan kelembagaan dan kerjasama.

8.   KEPALA SUB BAGIAN KEPENDIDIKAN DAN KERJASAMA

  • Sub Bagian Kependidikan dan Kerjasama mempunyai tugas melakukan pengurusan administrasi pendidikan dan pengajaran, penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat, perencanaan akademik dan sistem informasi, serta administrasi kerjasama dengan pihak dalam maupun luar.

9.   SUB BAGIAN TENAGA PENGAJAR DAN KEMAHASISWAAN

  • Sub Bagian Tenaga Pengajar dan Kemahasiswaan mempunyai tugas melakukan urusan registrasi, statistik serta administrasi dosen dan kemahasiswaan.

10.   KEPALA BAGIAN ADMINISTRASI UMUM

  • Bagian Administrasi Umum yang terdiri atas Sub Bagian Kepegawaian dan Keuangan dan Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga merupakan unsur pembantu pimpinan di bidang administrasi umum berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur PPL, dan sehari-hari pembinaannya dilakukan oleh Wakil Direktur II sepanjang yang menyangkut Administrasi Umum dan Wakil Direktur IV yang menyangkut hubungan masyarakat.
  • Bagian Administrasi Umum mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kepegawaian, keuangan, perlengkapan, rumah tangga, Hubungan Masyarakat dan ketatausahaan. 
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bagian Administrasi Umum mempunyai fungsi:
    • Pelaksana administrasi kepegawaian;
    • Pelaksana administrasi keuangan; dan
    • Pelaksana administrasi ketatausahaan, perlengkapan, kerumahtanggaan dan hubungan masyarakat.

11.   KEPALA SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN DAN KEUANGAN

  • Sub Bagian Kepegawaian dan Keuangan mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian dan keuangan.

12.   SUB BAGIAN TATA USAHA DAN RUMAH TANGGA

  • Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga mempunyai tugas melakukan urusan surat menyurat, perlengkapan, rumah tangga, dan hubungan masyarakat.

13.   KEPALA UNIT

  • Dalam penyelenggaraan proses pembelajaran di PPL diperlukan perangkat kelengkapan sebagai unsur penunjang di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berbentuk unit pelaksana teknis serta unsur tenaga penunjang akademik.
  • Perpustakaan merupakan unit pelaksana teknis PPL sebagai unsur penunjang kegiatan Akademik yang mempunyai tugas menyediakan pelayanan kepustakaan untuk keperluan sivitas akademika PPL dan Masyarakat;
  • Pelayanan Teknologi Informasi merupakan unit pelaksana teknis PPL sebagai unsur penunjang kegiatan dan administrasi kemahasiswaan yang mempunyai tugas mengolah, menyimpan dan menyajikan data yang diperlukan oleh PPL serta memberikan pelayanan pengajaran;
  • Pelayanan Bahasa merupakan unit pelaksana teknis PPL sebagai unsur penunjang kegiatan akademik yang mempunyai tugas menyiapkan mahasiswa untuk berbahasa dengan baik;
  • Pelayanan Pengembangan Profesi merupakan unit pelaksana teknis PPL sebagai unsur penunjang yang mempunyai tugas mencari dan menginformasikan kepada para lulusan PPL untuk bekerja baik di dalam maupun di luar negeri; dan
  • Laboratorium merupakan unit pelaksana teknis PPL sebagai unsur penunjang kegiatan akademik yang mempunyai tugas melakukan penyiapan sarana laboratorium guna keperluan uji coba, penalaran, terapan dan visualisasi untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma PPL; meliputi laboratorium bahasa dan laboratorium komputer.