Politeknik Pariwisata Lombok adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi di bidang kepariwisataan di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pariwisata.

Penerapan Instrumen Toolbox ASEAN pada Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja

Politeknik Pariwisata Lombok, Jumat 8 Juli 2022. menyelenggarakan kegiatan Pembekalan bagi para Asessor dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Nomor SE.004/BNSP/II/2022 tentang Penerapan Instrumen Toolbox ASEAN pada Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja.

Politeknik Pariwisata Lombok melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) telah mengembangkan instrumen asesmen dan workbook berbasis Toolbox ASEAN. Seluruh dokumen mengacu pada ASEAN Tourism Professional Registration System (ATPRS) yang dipersyaratkan pihak BNSP.
Dokumen yang sudah diselesaikan tentunya tidak hanya didasari kerja keras tim LSP Poltekpar Lombok, namun juga tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan penuh tim BNSP khususnnya Bapak Wakil Kepala BNSP, Ibu Tetty, Bapak Surono dan Bapak Putu Laksaguna.
Tersedianya dokumen berstandar ASEAN ini, bukanlah satu-satunya upaya yang dilakukan Poltekpar Lombok.

Demi mendukung dan mencapai standar kualifikasi kompetensi di level ASEAN, Poltekpar Lombok juga berusaha mempersiapkan sarana praktik mahasiswa yang sekaligus menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) agar sesuai dengan standar yang ada pada ATPRS. SOP pun telah ditetapkan sesuai dengan standar unit kompetensi yang telah ada pada dokumen ATPRS. Diharapkan dengan dilakukannya hal ini maka visi misi Poltekpar Lombok sebagai Perguruan Tinggi yang dapat bersaing di level internasional selangkah lagi menjadi kenyatan.
Dengan semangat baru “Poltekpar Lombok Siap mendukung Implementasi MRA-TP dalam menyediakan SDM berstandar ASEAN melalui Uji Kompetensi dan Proses Pembelajaran Berbasis ACCSTP, CATC, dan ASEAN Toolbox”.