Politeknik Pariwisata Lombok adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi di bidang kepariwisataan di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pariwisata.

Masyarakat Desa Wisata Melalui Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Pada tanggal 15-16 September 2022, Politeknik Pariwisata Lombok melalui Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa Wisata dari Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Dengan menghadirkan narasumber dari Politeknik Lombok yakni Bapak Herman SST.Par., M.Par, dari Politeknik Pariwisata Bandung yakni Bapak Dr. Cecep Ucu Rakhman, dari Politeknik Pariwisata Bali yakni Ibu Putu Ayu Aryasih, S.E., M.Par., CEE., dari Politeknik Pariwisata Medan yakni Bapak Dr. Emrizal, S.Sos., M.T., dan dari Politeknik Pariwisata Palembang yakni Bapak Agus Setiawan, S.Sos., M.Mpar., CHE mengangkat tema tentang perkembangan desa wisata, pengelolaan sumber daya alam dan udaya di desa wisata, kuliner, kolaborasi antar stakeholder dan kreatifitas masyarakat desa wisata.

Hadir sebagai peserta perwakilan dari sepuluh desa wisata yang berada di Kabupaten Manggarai Barat antara lain Desa Wisata Batu Cermin, Gorontalo, Tanjung Boleng, Liang Ndara, Golo Mori, Warloka, Cunca Lolos, Golo Bilas, Pasir Panjang dan Desa Wisata Tondong Belang. Hadir pula para undangan dari Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat. Acara yang juga dihadiri Direktur Politeknik Pariwisata Lombok dan dibuka langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomoi Kreatif, Bapak Faisal, S.ST., M.M.Par., CHE ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pengelolaan desa wisata di Labuan Bajo.