Politeknik Pariwisata Lombok adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi di bidang kepariwisataan di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pariwisata.

International Collaboration on Sustainable Tourism in Community Service Projects.

Dalam rangka perayaan Dies Natalis ke-8 Politeknik Pariwisata Lombok yang mengusung tema Collaborating Towards World Class Tourism Excellence: Empowering Minds for Sustainability, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Pariwisata Lombok menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bertajuk International Collaboration on Sustainable Tourism in Community Service Projects.

Kegiatan ini merupakan sebuah proyek pengabdian kepada masyarakat yang berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) skala lokal, nasional, dan internasional yang berfokus pada tata kelola lingkungan, khususnya pengelolaan sampah (waste management). Kegiatan ini adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meminimalkan dampak negatif dari pariwisata terhadap lingkungan alam di destinasi wisata, mendorong praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan bertanggung jawab di seluruh rantai nilai pariwisata, serta memperkuat partisipasi pelbagai stakeholder dalam pengambilan keputusan dan implementasi solusi pengelolaan sampah.

Kegiatan kolaborasi ini berlangsung dari tanggal 4-9 Mei 2024 yang dilaksanakan di Poltekpar Lombok dan di tiga lokasi destinasi pariwisata yakni KEK Mandalika, Gili Trawangan, dan Sembalun dan dihadiri oleh peserta dari 15 institusi perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri yang meliputi Poltekpar NHI Bandung, Politeknik Pariwisata Makassar, Politeknik Pariwisata Lombok, Politeknik Pariwisata Medan, Telkom University, Politeknik Sahid, Ciputra University, Management and Science University Malaysia, Institut Teknologi Bandung, Politeknik Negeri Banyuwangi, Universitas Hamzanwadi, Universitas Nasional, Podomoro University, Politeknik Negeri Bandung dan Universitas Pelita Harapan. Perwakilan lima mitra internasional yaitu Livingseas Foundation, Suku Lifestyle Hotel, STED Swisscontact, JICA, dan Wise Steps Foundation. Perwakilan Local Champion dari KEK Mandalika, Gili Trawangan, dan Sembalun. Serta delapan perwakilan instansi pemerintah yakni Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Dinas Pariwisata Lombok Utara, Dinas Pariwisata Lombok Timur, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Tengah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Utara serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Timur.