Foto
01Feb

Kuliah Umum 1

Pada tanggal 31 Januari dan 1 Februari 2017, PoliteknikPariwisata Lombok (Poltekpar) mengadakan kuliah umum dengan tema Stadium Generale. Kuliah umum yangdiikuti oleh seluruh mahasiswa poltekpar dan bertempat di aula Rinjani BKDProvinsi NTB. Dalam kuliah umum yang berlangsung selama dua hari inidisampaikan oleh empat pemateri. Pada hari pertama, materi dibawakan olehDirektur Poltekpar Dr. H. Hamsu Hanafi., MM. Materi yang disampaikan mengenaiCalon Pengabdi Pariwisata Terbaik. Beliau menyampaikan bahwa bekerja harusberdasarkan empat BP, yaitu berhati positif, berpikir positif, berbicarapositif dan bertindak positif agar mampu bersaing di pasar bebas internasionalpariwisata, khususnya Asia. Disamping itu, mahasiswa harus memiliki EQ, IQ danESQ sebagai kunci keberhasilan.

Beliau juga menyampaikan, seorang mahasiswa juga nantinyaharus pandai mempromosikan pariwisata, mulai dari apa saja yang menjadi dayatarik pariwisata tersebut, kemudian hotel yang sesuai budget dan keinginanwisatawan, restoran, tempat hiburan menarik, cendramata khas daerah pariwisatatersebut dan lain sebagainya.

Pada tahun 2017 ini, Kementerian Pariwisata memiliki tigaprogram kerja, diantaranya yaitu digital, home stay dan air connectivity, KataHamsu Hanafi selaku pemateri.

Dari tiga program kerja tersebut tujuannya yaitu menciptakanlapangan kerja, menumbuhkan persaingan kerja yang sehat, agar kualitas sumberdaya manusia untuk pariwisata di Indonesia semakin baik, dan kompetensi kerjayang meningkat. Dimana kompetensi kerja terdiri dari kemampuan, pengalaman,keahlian, keterampilan, pengetahuan, sikap, keunggulan, kualitas, wawasan dansebagainya.